Membahas tentang fakta-fakta menarik dari seluruh dunia

Kamis, 19 Oktober 2017

7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia

7 Binatang/Hewan Yang Memiliki Penglihatang Yang Jauh Lebih Baik dari Manusia - Berdasarkan sumber, baik itu buku ataupun media yang pernah admin baca, semuanya menyebutkan bahwa manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara semua makhluk hidup di bumi, mendengar pernyataan tersebut membuat saya bertanya-tanya, apakah manusia juga merupakan yang terbaik diantara seluruh makhluk hidup?

Dalam hal cara berfikir dan perkembangan peradaban, manusia memang yang terbaik diantara semua makhluk di bumi, namun bukan berarti manusia unggul dalam segala hal. Dalam beberapa aspek, manusia bahkan berada di peringkat terbawah. Contohnya dalam hal penglihatan, beberapa binatang/hewan ternyata memiliki penglihatan yang bahkan jauh melampaui batas penglihatan manusia.

7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: kompas.com

Binatang apa saja yang memiliki kemampuan tersebut? Berikut adalah daftar 7 binatang dengan kemampuan penglihatan lebih baik dari manusia:

7. Tarsius


7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: wikipedia.org

Tarsius merupakan primata kecil dengan mata yang besar, dengan matanya yang besar tersebut binatang yang satu ini tentunya memiliki penglihatan yang juga sangat baik. Primata ini bahkan dapat melihat dengan jelas di malam hari, dan bahkan ia dapat melihat sinar ultraviolet. Tarsius merupakan mamalia dengan mata paling besar di dunia (perbandingan ukuran relatif). Mata tarsius menempel pada tengkoraknya dan tidak masuk ke dalam soket mata mereka. Namun, primata ini memiliki leher yang mendukung sehingga bisa memutar kepalanya 180 derajat, sama seperti burung hantu.

6. Burung Hantu


7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: pixabay.com

Burung hantu juga memiliki mata yang besar dengan ukuran relatif dari ukuran tubuhnya. Pupil pada mata burung hantu membuatnya dapat melihat mangsa dari jarak yang sangat jauh bahkan dengan cahaya yang sangat minim. Mata burung hantu menempel pada tengkoraknya, hal ini menyebabkan mereka dapat beradaptasi dan mempunyai kemampuan untuk memutar kepala mereka hingga 360 derajat.

5. Bunglon


7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: qubicle.id

Bunglon adalah binatang yang terkenal karena kemampuan mereka untuk berkamuflase diantara benda-benda di sekitarnya yang merupakan cara mereka untuk berkomunikasi dengan bunglon lainnya. Bunglon juga memiliki mata yang sangat unik. Kelopak mata mereka menyatu, menutupi hampir seluruh bola mata mereka kecuali lubang kecil yang mereka gunakan untuk melihat. Mata pada bunglon bergerak secara independen satu sama lain, yang memungkinkan bunglon memindai mangsa dan predator secara bersamaan. Dengan mata tersebut, bunglon dapat menggerakkan mata mereka 360 derajat sesuka hati. Bunglon bisa melihat serangga dari jarak yang cukup jauh. Mereka juga bisa melihat sinar ultraviolet.

4. Kambing


7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: kompas.com

Kambing dan beberapa binatan berkuku tumpul lainnya memiliki pupil mata horizontal yang akan berubah menjadi persegi panjang ketika melebar. Hal ini memungkinkan kambing meilhat 320-340 derajat, yang berarti mereka dapat melihat hampir semua objek di sekitar mereka tanpa harus bergerak (sebagai perbandingan, manusia memiliki penglihatan yang hanya mencakup 160-210 derajat). Hal yang menarik lainnya dari hewan dengan pupil persegi ini, yaitu mereka ternyata dapat melihat lebih baik di malam hari karena pupil mereka yang lebih besar menutup lebih dekat pada siang hari untuk membatasi cahaya.

3. Capung


7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: pixabay.com

Binatang yang satu ini ternyata memiliki penglihatan yang sangat baik! Capung memiliki bidang pandang 360 derajat. Matanya terdiri dari puluhan ribu unit visual yang disebut ommatidia, dan setiap unit berisi lensa dan serangkaian sel yang sensitif terhadap cahaya. Capung memiliki penglihatan yang sangat luar biasa. Binatang yang satu ini bisa mendeteksi warna dan cahaya terpolarisasi. Matanya juga sangat peka terhadap gerakan yang membantunya dengan cepat melihat mangsa dan menghindari predator. Selain itu, capung juga memiliki tiga mata kecil yang disebut ocelli yang mendeteksi gerakan lebih cepat. Ocelli mengirimkan informasi ke pusat motor capung, yang memungkinkannya bereaksi dalam sepersekian detik. Mungkin inilah alasannya kenapa kita sangat sulit untuk menangkap mereka dengan tangan kosong.

2. Elang

7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: newsweek.com

Mungkin kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa elang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Bahkan kita sering memberi julukan "mata elang" kepada seseorang yang dianggap memiliki penglihatan yang sangat baik. Namun seberapa tajamkah penglihatan elang? Kemampuan melihat pada seekor elang adalah 4 sampai 8 kali lebih tajam daripada manusia.

Mata elang berukuran hampir sama dengan ukuran manusia, terlepas dari perbedaan ukuran keseluruhan antara kedua spesies tersebut. Mata pada elang dapat menyesuaikan diri untuk membantu mencapai target. Elang dikenal sebagai predator paling keras dan memiliki presisi paling akurat di Bumi.

1. Udang Mantis

7 Hewan Dengan Penglihatan Yang Jauh Lebih Baik Dari Manusia - FunFact ID
img source: pugam.com

Udang mantis (udang belalang) sebenarnya bukanlah seekor udang, namun binatang ini adalah sejenis krustasea yang hampir sama dengan Stomatopoda. Matanya seperti bunga capung. Udang mantis dapat melihat warna yang jauh lebih baik daripada manusia, ditambah lagi udang ini dapat melihat sinar ultraviolet, inframerah, dan cahaya terpolarisasi, memberi mereka penglihatan yang paling kompleks dari hewan lainnya. Mata mereka dapat bergerak independen satu sama lain, dan bisa berputar hingga 70 derajat. Menariknya, pada udang mantis, informasi visual diproses langsung oleh mata mereka sendiri dan tidak di transfer ke otak.

Selain itu, masing-masing mata udang mantis terbagi menjadi tiga bagian, memberikannya "visi trinocular" dan persepsi kedalaman yang lengkap.

Nah, dari ketujuh binatang tersebut, manakah yang menjadi favorit kamu? Kalau admin pribadi sih lebih suka capung, karena capung dapat mengendalikan mata yang sebanyak itu dengan akurat dan bahkan membuat mereka memiliki refleks yang sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar