Membahas tentang fakta-fakta menarik dari seluruh dunia

Jumat, 20 Oktober 2017

5 Fakta Yang Membuktikan Bahwa Bumi Berbentuk Datar

5 Fakta Yang Membuktikan Bahwa Ternyata Bentuk Bumi Adalah Datar - "Bumi bulat, atau datar?" perdebatan seperti ini hampir setiap hari muncul di beranda facebook saya. Lalu, pernyataan manakah yang benar? Apakah bumi ini berbentuk bulat, atau malah datar?

Sejak kecil, mulai dari sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah di ajarkan tentang bentuk-bentuk benda luar angkasa, bentuk bumi dan bentuk dari planet lainnya. Namun, apakah pelajaran yang kamu dapatkan tersebut bisa kamu buktikan sendiri kebenarannya? Apakah kamu pernah melihat langsung bentuk bumi dan planet-planet lainnya seperti yang tertera di dalam buku?

Lalu apakah kamu akan percaya begitu saja dengan informasi-informasi yang tertera di dalam buku yang kamu baca tersebut?

Baiklah, kita kembali ke topik pembahasan, yaitu tentang bentuk bumi, apakah bumi berbentuk bulat atau datar?

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFact ID
img source: blenderartists.org

Beberapa orang telah membuktikan bahwa ternyata bentuk bumi yang sebenarnya bukanlah bulat, melainkan datar. Bagaimana mereka bisa membuktikan hal tersebut? Tentu saja dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan pengamatan langsung.

Berikut adalah 5 fakta yang membuktikan bahwa bumi ternyata berbentuk datar, dan bukan globe (bulat)

5. Permukaan Laut Ternyata Tidak Melengkung (Datar)
Selama ini kita percaya bahwa bumi berbentuk bulat, dan air yang berada di lautan melengkung mengikuti bentuk bumi yang berupa bola. Dengan adanya persepsi ini maka secara logika, semakin jauh kita dari tepi pantai, maka kita akan semakin tak terlihat karena adanya lengkungan bumi yang menghalangi penglihatan mata kita. Sebagai contoh, perhatikan ilustrasi dibawah ini:

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images
Pada ilustrasi tersebut terlihat keadaan jika bumi berbentuk bulat dan berbentuk datar.

Setelah melihat ilustrasi tersebut dan mempraktekkannya sendiri, apakah kamu dapat melihat lengkungan bumi secara langsung? Berdasarkan percobaan dengan menggunakan sinar laser, diketahui bahwa sinar laser dapat menempuh jarak hingga 20 Km. Percobaan dilakukan pada jarak 6,4 Km. Berdasarkan data lengkungan bumi, seharusnya pada jarak tersebut, bumi melengkung 3,2 meter. Maka, dipancarkanlah sinar laser sejauh 6,4 Km. Seharusnya, sinar laser tersebut melenceng sejauh 3,2 meter karena lengkungan bumi, namun ternyata tidak.

4. Satelit Itu Tidak Ada! Koneksi Internet Kita Terhubung Melalui Kabel
Menurut kaum flat earth (mereka yang mempercayai bahwa bumi berbentuk datar) satelit hanyalah sebuah kebohongan besar yang diciptakan oleh NASA untuk mendapatkan keuntungan. Dan kenyataannya, internet dan salurant tv ternyata terhubung melalui kabel bawah laut serta menara-menara pemancar, bukan satelit.

Dibawah ini adalah peta rangkaian kabel bawah laut di seluruh dunia.

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images

Perlu kamu ketahui, kecepatan internet ternyata lebih optimal melalui jaringan kabel fiber optik daripada sinyal satelit. Bahkan internet melalui satelit masih sebatas wacana saja.

Lalu bagaimana dengan satelit yang baru saja diluncurkan BRI? Jawabannya adalah: data akan tetap terhubung melalui BTS terdekat lalu akan tersambung melalui kabel-kabel bawah laut, bukan melalui satelit.

Masih tidak percaya? Sekarang coba kamu bandingkan bentuk pesawat tempur dan bentuk satelit, manakah yang memiliki kerangka dan desain paling kokoh dan aero dinamis? Jawabannya tentu saja pesawat tempur! Lalu kenapa bisa satelit melaju hingga 23 kali kecepatan suara di luar angkasa, sedangkan pesawat tempur hanya dapat meluncur pada 3 kali kecepatan suara? Kenapa satelit tidak hancur pada kecepatan tersebut, sedangkan bentuknya tidaklah aero dinamis? Tentu saja karena satelit itu tidak benar-benar ada!

3. Penerbangan Chine Airlines Rute Bali – Los Angeles
Masih ingat dengan penerbangan yang satu ini? Ya, ini terjadi pada Oktober 2015 lalu, dimana seorang wanita tiba-tiba melahirkan pada ketinggian 30.000 kaki (9,2 Km). Hali ini menyebabkan pesawat tersebut terpaksa melakukan pendaratan darurat di Alaska. Ada yang aneh? Penerbangan dari Bali ke LA, lewat Alaska, kok bisa?

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images

Jika diamati, hal ini akan mustahil terjadi apabila bumi berbentuk bulat, namun sangat masuk akal jika bumi berbentuk datar.

2. Antartika Adalah Tembok Es
Captain James Cook menjelajahi Antartika dalam waku 3 tahun dan 8 hari. Dan ternyata ia hanya menemukan tembok es dan tak ada jalan masuk. Selama 3 tahun 8 hari itu, tercatat Ia menjelajahi kurang lebih sejauh 60.000 Km tembok es di Antartika.

Menurut peta bumi bulat, Antartika yang disebut benua ini memiliki keliling 19.300 Km. Padahal Capt. Cook menjelajahi panjang es Antartika sepanjang 60.000 Km (sekali putar). Kok bisa?

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images

Menurut para kaum flat earth, ternyata James Cook Hanya mengelilingi tembok bumi yang berupa dinding es.

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images

1. Horizon Bumi Berbentuk Datar, Bukan Melengkung
Seandainya jika memang bumi itu berbentuk globe (bulat), maka seharusnya akan kelihatan melengkung saat dilihat dari ketinggian. Namun faktanya, orang-orang yang berkeyakinan bumi itu datar (kaum flat earth) sudah melakukan percobaan untuk membuktikan bumi itu berbentuk bulat atau datar. Namun apa yang mereka temukan? Ternyata tidak ada perubahan sama sekali, baik dilihat dari bawah maupun atas, ternyata bumi sama sekali tidak memiliki lengkungan (curvature), alias datar.

5 Fakta Yang Membuktikan Bumi Ternyata Berbentuk Datar - FunFactID
img source: Google Images

Gambar diatas adalah gambar horizon bumi saat dilihat dari ketinggian tertentu yang sudah dibuktikan oleh kaum flat earth sendiri.

Setelah melihat fakta-fakta diatas, apakah kamu masih berpegang teguh pada keyakinan bahwa bumi itu bulat?

Beberapa dari kita mungkin akan sulit percaya jika hanya melihat atau mendengar dari mulut orang lain, namun kita akan paham ketika membuktikannya secara langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar